RAPI Purwakarta Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024, Fokus pada Partisipasi Pemilih


Purwakarta
– Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 08 Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan sosialisasi terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 pada Sabtu (19/10/2024) di Kelurahan Nagri Tengah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang aturan dan tahapan Pilkada, yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024.

Sosialisasi ini mencakup berbagai tahapan penting dalam pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang akan berlangsung pada 27 November 2024. 

Ketua RAPI Wilayah 08 Kabupaten Purwakarta, Yuddy Herdiana, mengungkapkan bahwa setiap anggota RAPI dari lima lokal diwajibkan mengirimkan 10 perwakilan untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Kegiatan ini penting bagi kami karena sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat, RAPI memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi terkait Pilkada. Kami akan memastikan informasi yang kami terima dalam sosialisasi ini tersampaikan dengan baik kepada masyarakat di wilayah kami masing-masing,” jelas Yuddy kepada awak media.

Hadir pula dalam acara tersebut Oyang Este Binos, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM. Binos menekankan pentingnya peran RAPI dalam menyukseskan sosialisasi Pilkada. 

“RAPI memiliki akses yang luas kepada masyarakat, sehingga melalui mereka diharapkan informasi terkait Pilkada bisa tersampaikan dengan efektif,” katanya.

Binos juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan hak pilih mereka dengan baik pada hari pemungutan suara nanti. “Kami ingin partisipasi pemilih pada 27 November nanti meningkat, sehingga legitimasi dari hasil Pilkada menjadi lebih kuat,” tambahnya.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan sosialisasi mengenai tahapan Pilkada bisa menjangkau lebih banyak masyarakat dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemilihan mendatang.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun B.