Berantas Bullying, Polsek Plered Ajak Siswa Laporkan Kekerasan


Purwakarta
- Untuk mencegah terjadinya kekerasan yang sering dikenal sebagai bullying di lingkungan sekolah, Personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat, aktif melakukan pendekatan langsung ke sejumlah sekolah di wilayah hukum mereka.

Melalui pendekatan humanis, Bhabinkamtibmas Polsek Plered memberikan sosialisasi tentang pentingnya menghentikan bullying di kalangan pelajar. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah preventif guna menghindari terjadinya kekerasan terhadap siswa-siswi di sekolah.

Kapolres Purwakarta, AKBP Lilik Ardiansyah, melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, menjelaskan bahwa dalam sosialisasi tersebut, mereka menyampaikan berbagai informasi penting mengenai jenis-jenis bullying, dampak negatif yang ditimbulkannya, serta cara-cara efektif untuk mencegahnya.

"Dalam penyuluhan ini, kami berupaya memberikan pemahaman mendalam kepada para siswa tentang pentingnya saling menghormati dan mendukung satu sama lain di lingkungan sekolah," ujar AKP Ali Murtadho, Sabtu, 7 September 2024.

Ali menegaskan bahwa bullying adalah tindakan yang tidak boleh dianggap sepele, karena dapat membawa dampak serius bagi korban, baik secara fisik maupun psikologis. 

"Bullying merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia yang dapat mengganggu perkembangan mental dan emosional korban," tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolsek Plered menghimbau agar para siswa aktif melaporkan setiap kejadian bullying yang mereka saksikan atau alami kepada pihak sekolah atau otoritas yang berwenang. 

"Ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam memberantas perilaku bullying," jelas Ali, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolsek Pasawahan.

Dengan adanya kolaborasi yang solid antara pihak kepolisian, sekolah, dan masyarakat, AKP Ali Murtadho berharap kasus-kasus bullying dapat diminimalkan, sehingga para siswa dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang lebih positif.

"Ini hanya bisa terwujud dengan baik jika upaya pencegahan bullying di sekolah dilakukan secara intensif dan berkesinambungan," pungkasnya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar