Panwascam Pondoksalam Gelar Bimtek Pengawasan Pemilu Partisipatif 2024, Libatkan Masyarakat dan Tokoh Lokal


Purwakarta
- Dalam upaya meningkatkan kemampuan teknis pengawasan pemilihan umum, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Pondoksalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pemilu Partisipatif. 

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 24 Agustus 2024 di Aula Desa Bungurjaya, Kecamatan Pondoksalam.

Acara Bimtek tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh pemuda, tokoh masyarakat, alim ulama, lembaga desa, dan wartawan. 

Partisipasi aktif dari semua pihak diharapkan dapat memperkuat pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta, Yusup Supriyanto, S.H., yang hadir membuka acara, menegaskan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Purwakarta. 
 
Ketua Panwascam Pondoksalam, Asep Sodikin

"Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, tetapi juga masyarakat harus ikut memeriahkan pesta demokrasi ini," ujar Yusup saat diwawancarai oleh Reporter Media KIM Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu, Ketua Panwascam Pondoksalam, Asep Sodikin, mengajak seluruh warga untuk bersinergi dalam mengawasi seluruh tahapan dan proses pemilihan. 

"Kami berharap proses pemilihan umum tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan kondusif melalui sinergitas antara para alim ulama, pemerintah, dan masyarakat," harap Asep.

Ditempat yang sama, Endang Ahmad, M.Pd., yang hadir sebagai narasumber, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menciptakan pemilu yang langsung, umum, jujur, dan adil. 

"Partisipasi ini menjadi bagian penting dari kesuksesan pemilu," ucap Endang.

Dalam acara tersebut, hadir Camat Pondoksalam, Subachri, A.P., M.Si.. Dalam sambutannya, ia menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Bimtek ini. 

"Saya sangat mendukung kegiatan ini dan berharap masyarakat dapat berkolaborasi dengan aparat pengawas pemilu untuk ikut andil dalam pengawasan, sehingga kita bisa mendapatkan pemilu yang bersih, lancar, dan sukses yang mampu menghasilkan pemimpin Purwakarta yang lebih maju," tegas Subachri.

Kapolsek Pasawahan, AKP Gugun Gunadi, S.H., juga menambahkan bahwa keamanan dan ketertiban selama Pilkada merupakan tanggung jawab pihaknya sebagai penanggung jawab keamanan di wilayah Kecamatan Pondoksalam. 

"Harapannya, Pilkada di Kabupaten Purwakarta, khususnya wilayah Kecamatan Pondoksalam, dapat berjalan tertib, aman, lancar, dan terkendali," pungkasnya.

Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun B.