Kolaborasi Sekolah dan Polres Subang, Bersama Lawan Penyalahgunaan Narkoba


KIM Purwakarta
- Penyebaran narkoba tidak segan merambah ke lingkungan pendidikan. Sekolah diharapkan berperan aktif dengan menciptakan program-program yang menarik minat siswa sehingga mereka enggan mendekati narkoba.

Satres Narkoba Polres Subang semakin giat melakukan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kalangan pelajar di Kabupaten Subang.

Baru-baru ini, Satres Narkoba Polres Subang memberikan edukasi kepada siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Taruna Jalan Cagak, Kabupaten Subang, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu melalui Kasat Res Narkoba, AKP Heri Nurcahyo menekankan pentingnya pemahaman tentang narkoba agar siswa dapat mengambil sikap yang tepat ketika menemukan pengguna narkoba di lingkungan mereka.

"Dengan pemahaman yang baik, siswa SMK Bina Taruna Jalan Cagak diharapkan bisa menjadi kader anti narkoba yang nantinya setelah lulus, dapat menjadi pionir dalam memberikan informasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat," kata Heri pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Menurutnya, kegiatan semacam ini adalah bagian dari upaya bersama antara Polres Subang dan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan bebas narkoba dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya.

"Semua pihak berharap melalui edukasi dan pemahaman yang lebih baik, generasi muda dapat tumbuh dan berkembang tanpa terjerumus dalam lingkaran berbahaya penyalahgunaan narkoba," jelas Kasat Narkoba Polres Subang.

Heri juga menambahkan bahwa untuk memutus rantai peredaran barang haram ini di Kabupaten Subang diperlukan partisipasi dan kolaborasi seluruh masyarakat.

"Polisi tidak bisa bekerja sendiri dalam mengatasi masalah narkoba ini. Kami berharap masyarakat, khususnya santri dan pimpinan pondok pesantren, dapat bersama-sama dan melaporkan jika ditemukan aktivitas mencurigakan terkait peredaran narkoba," imbau Heri.