Panwascam Sukasari Ajak Komunitas Perempuan Awasi Pemilu Lewat Senam Ceria


Purwakarta
- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukasari menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif melalui acara Senam Sehat Ceria pada Sabtu (20/7/2024) di halaman kantor Kepala Desa Kertamanah. 

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dengan tujuan meningkatkan partisipasi dalam pengawasan pemilu.

Acara dibuka oleh Ketua Panwascam Sukasari, Hambali Ms S.E., didampingi oleh anggota Panwascam Sukasari, Ceng Tsany Fauzi dan Sigit Akbar, yang juga bertindak sebagai penanggung jawab acara. 

Dengan mengusung tema “Perempuan Tangguh Awasi Pemilu”, sosialisasi ini bertujuan untuk melibatkan kelompok perempuan dalam pengawasan pemilu.

Hambali Ms dalam sambutannya menyatakan bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif merupakan upaya Bawaslu melalui Panwascam Sukasari untuk melibatkan berbagai stakeholder dan elemen masyarakat dalam pengawasan pemilu. 

“Kali ini sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif kita laksanakan bersama kelompok perempuan senam sehat ceria,” ujarnya.

Ia menambahkan, keterlibatan masyarakat, terutama kelompok perempuan, dalam pengawasan pemilu sangat penting, mengingat perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam penyelenggaraan negara.

“Negara sudah menjamin bahwa perempuan juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam penyelenggaraan negara, termasuk menjadi penyelenggara pemilu dan pemimpin bangsa ini,” tegas Hambali yang juga Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, Data, dan Informasi.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hukum, Ceng Tsany Fauzi, menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan memastikan perempuan terlibat langsung dan aktif dalam mengawasi seluruh tahapan pemilihan. 

“Sosialisasi seperti ini akan dilakukan beberapa kali bersama kelompok-kelompok masyarakat lainnya, termasuk kelompok senam, kelompok wanita tani, kelompok pelaku usaha, penggiat kalurahan, dan kelompok lainnya,” ungkap Ceng Tsany.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PP dan PS) Panwascam Sukasari, 
Sigit Akbar, menegaskan bahwa moto Bawaslu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu” mengandung makna bahwa pengawasan pemilu memerlukan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat. 

“Bawaslu melalui Panwascam di masing-masing divisi mengajak seluruh masyarakat dari berbagai komunitas dan kelompok untuk terlibat aktif dalam mengawasi pemilu,” jelasnya.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah kelompok dan komunitas perempuan, termasuk Kader Posyandu dan kelompok senam di Desa se-Kecamatan Sukasari. Acara juga dihadiri oleh pengawas kelurahan/desa, staf Panwaslu, dan Muspika Kecamatan Sukasari.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Kontributor: Firdaos (KIM Kecamatan Suksasari)