Kampung Pengawasan dan Forum Warga Hadir di Pondoksalam, Gerakan Partisipasi Masyarakat untuk Pemilu Berkualitas


Purwakarta
- Dalam rangka menyambut Pemilu 2024 yang sukses, berkualitas, dan bermartabat, Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) Pondoksalam tengah menggalakkan strategi pencegahan serta peningkatan peran serta masyarakat melalui Pengawasan Partisipatif. 

Salah satu inisiatif kunci dalam upaya ini adalah pembentukan dan pengembangan “Kampung Pengawasan dan Forum Warga”.

Kampung Pengawasan Partisipatif bertujuan untuk menggerakan partisipasi masyarakat, terutama di tingkat kampung, dalam pengawasan Pemilu. Inisiatif ini dilakukan dengan memberikan pendidikan politik, kepemiluan, dan kelembagaan pengawas kepada masyarakat.

Acara peluncuran Kampung Pengawasan Partisipatif dilaksanakan di aula Kantor Desa Galudra, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, dan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta. 

Selain itu, acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, paguyuban, Kapolsek, Danramil, organisasi profesi, keagamaan, serta sejumlah stakeholder terkait lainnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Yusup Suprianto SH, menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan. 

"Masyarakat harus bisa berpartisipasi dalam pemilihan karena kita tahu bahwa masyarakat sangat berperan aktif dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang terbaik untuk Purwakarta," ujarnya, pada Sabtu (20/7/24).

Yusup juga menjelaskan bahwa sosialisasi Kampung Pengawasan di Kabupaten Purwakarta akan dilakukan selama dua hari, termasuk hari ini di Pondoksalam. Ia berharap masyarakat turut serta meramaikan pesta demokrasi dan menolak politik uang.

Sementara itu, Ketua Panwascam Pondoksalam, Asep Sodikin, menyatakan antusiasme warga sangat tinggi dalam sosialisasi ini. 

"Ini adalah momentum penting bagi kita untuk mensosialisasikan cara Pengawasan Partisipatif kepada seluruh masyarakat di Pondoksalam," katanya. Asep berharap warga dapat mentransformasikan pengetahuan ini kepada yang lain, agar pemilu di Pondoksalam dapat berjalan sukses tanpa ekses.

Ditempat yang sama, Camat Pondoksalam, Subachri AP.M.Si, juga memberikan apresiasi terhadap acara ini. 

"Acara ini bagus untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Kecamatan Pondoksalam dalam rangka pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024," ujarnya. 

Subachri berharap warga yang terlibat maupun yang tidak terlibat dalam Pilkada dapat berperan aktif meningkatkan partisipasi masyarakat.

Hadir sebagai narasumber, Dr. Surya Hadi Darma MUD, yang juga Ketua STAI Dr. KHEZ Muttaqien, memberikan pemaparan positif terkait kegiatan ini. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk merangkul warga dan tokoh masyarakat terkait tahapan persiapan pemilihan serentak pada 27 November 2024. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang aturan pilkada serentak serta mengajak mereka untuk berpartisipasi aktif, sehingga angka partisipasi dalam Pilkada dapat meningkat dari tahun sebelumnya," katanya.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun B.