Tingkatkan Pengawasan, Panwascam Pondoksalam Gelar Sosialisasi Pilkada 2024


Purwakarta
- Dalam mengahadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Purwakarta, 
Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pondoksalam menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada berbagai elemen masyarakat. 

Acara ini berlangsung di Aula Desa Tanjungsari pada Minggu (30/06/2024) dengan dihadiri oleh Muspika Pondoksalam, Bamusdes, partai politik, PPK, tokoh masyarakat, relawan, dan media.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah Camat Pondoksalam, perwakilan Bawaslu Purwakarta, serta akademisi. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Pondoksalam, Asep Sodikin, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar seluruh elemen masyarakat lebih aktif dan menjaga regulasi pemilihan. 

"Dengan adanya sosialisasi ini, semoga seluruh elemen stakeholder dan peran penting masyarakat lebih aktif menjaga regulasi pemilihan agar Pilkada ini menghasilkan pemimpin yang berkualitas serta berjalan dengan baik," ujar Asep.

Di tempat yang sama, Camat Pondoksalam, Hilman Nugraha, juga menekankan pentingnya sosialisasi ini dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

 "Dengan sosialisasi ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu meningkat, sehingga pemilu dapat berjalan lancar, langsung, umum, bebas, rahasia, transparan, dan berkeadilan," ujar Hilman.

Sementara itu, Ketua Prodi PAI STAI Dr. KH.ez. Mutakin Purwakarta, 
Usep Setiawan, yang juga menjadi narasumber, menyampaikan antusiasme masyarakat yang luar biasa. 

"Mudah-mudahan masyarakat lebih memiliki pemahaman, pengetahuan, kemauan, serta kemampuan untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada ini," kata Usep. 

Ia juga mengingatkan bahwa Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Purwakarta, 
Wahyudin, mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024. 

"Kami mengajak warga Pondoksalam untuk berbondong-bondong datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024, serta menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan pemilu, khususnya di Kecamatan Pondoksalam," ujar Wahyudin.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Pondoksalam dapat berperan aktif dalam mengawal proses demokrasi, sehingga Pilkada 2024 dapat berlangsung secara aman, lancar, dan demokratis.


Media KIM Kabupaten Purwakarta
Editor: Abdar
Reporter: Abun B.